Belajar Berbisnis Online: Google Adsense
Subscribe:

Pages

Rabu, 24 April 2013

Google Adsense

Google AdSense adalah program bisnis online yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program AdSense, pemilik situs web atau blog yang terdaftar memasang unit iklan Google di halaman web mereka. Anda akan mendapatkan penghasilan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang biasa dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. 

Selain menyediakan iklan dengan sistem PPC, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search). Pada AdSense untuk pencarian, anda dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web anda. Anda akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. 

Sebenarnya google adsense merupakan salah satu program PPC, hanya saja karna google adsense sudah sangat popular bahkan mengalahkan istilah Pay Per Click (PPC) jadi seolah-olah adsense adalah program bisnis online sendiri dan berbeda dengan PPC. 

Bayaran yang bisa anda peroleh pada google adsense sangat beragam tergantung keyword/ kata kunci/ tema yang terdapat pada konten yang tampil pada situs web atau blog anda. Ada yang perclick-nya cuma dihargai beberapa sen tapi ada juga yang dihargai beberapa dolar bahkan puluhan dolar. 

PPC, adesense, cpc
harga iklan per klik di google adword

Dari gambar di atas bisa di lihat bahwa CPC (Cost Per Click) dari keyword “Car Accident Lawyers” adalah 769.523 rupiah (NB: Adword saya di set rupiah bukan Dollar). CPC merupakan harga per klik yang harus di bayar pengiklan ke google. Tidak pernah ada yang tau berapa komii yang diberikan oleh google untuk publishernya tapi pada umum para pakar Internet marketing mengasumsikan komisi publisher sebesar 40%. Jika di asumsikan 40% maka anda akan mendapat komisi 307.809 rupiah, jika ada 10 saja sebulan anda sudah bisa mendapatka 3.078.090 rupiah sebulan. Hanya dengan 10 klik aja anda sudah bisa menyamai gaji karyawan kantoran bagaimana jika ada 100 klik atau 1000 klik atau lebih bisa anda bayangkan sendiri berapa pendapatan yang bia anda peroleh tiap bulannya. 

Tips untuk meningkatkan pendapatan dalam menjalankan bisnis adsense sama dengan tips PPC silahkan anda baca di artikel tentang PPC

0 komentar:

Posting Komentar