Belajar Berbisnis Online: Bisnis Online
Subscribe:

Pages

Jumat, 12 April 2013

Bisnis Online

Sebelum kita mulai berbisnis online, kita akan bahas apa itu bisnis online. Bisnis online, binis internet dan internet marketing adalah sama. Menurut Wikipedia Bisnis Online (Perdagangan elektronik) atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Jadi Bisnis Online atau Bisnis Internet pada dasarnya adalah suatu bisnis yang dijalankan secara online lewat internet. 

Lalu kenapa harus berbisnis online? Berikut aya paparkan beberapa alasan untuk berbinis secara online: 
  1. Bisa dilakukan dimanapun 
  2. Bisnis online bisa dilakukan dimana saja, di warnet, di kantor, di rumah, di kampus, di mall atau tempat yang lainnya yang penting ada laptop atau PC yang terhubung dengan internet. Di kampus, mall atau kafe rata-rata saat ini memiliki WI-FI gratis yang bisa anda manfaatkan untuk berbisnis. Bahkan biaya internetpun aat ini sudah sangat murah, dengan biaya 50rb bahkan kurang anda sudah bisa menjalan bisnis internet dengan baik. 
  3. Modal relative kecil 
  4. Berapa modal yang anda butuhkan untuk menyewa kios kecil buat berbinis secara offline? Minimal anda harus menyediakan 500rb/bulan untuk menyewa kios sederhana untuk memulai berbinis offline belum termasuk biaya promosi, listrik dll. Dengan uang 500rb anda udah bisa menyewa hosting dan domain selama 1 tahun itupun jika anda ingin terlihat professional jika tidak, anda bisa menggunakan blogspot atau wordpress secara gratis. Sedangkan untuk biaya promosi anda bisa menggunakan iklan baris gratis atau ikut berkomentar di blog orang atau forum seperti kaskus dengan mencantumkan web/blog anda dan itu gratis. 
  5. Resiko kecil 
  6. Karna modalnya relative kecil otomatis resikonyapun juga kecil. Coba bayangkan jika anda berjualan baju dan pada bulan pertama anda hanya mampu menjual 50 potong dengan keuntungan perpotong 10rb, jadi keuntungan anda pada bulan tersebut keuntungan anda hanya 500rb. Jika anda berbisnis secara konvenional anda hanya mampu membayar sewa kios saja tapi jika anda berbinis secara online anda sudah balik modal bahkan sudah bisa untung jika anda menggunakan web atau blog gratis. 
  7. Dapat dilakukan secara paruh waktu 
  8. Anda tidak harus berhenti dari pekerjaan tetap anda untuk memulai berbisnis online. Oleh karna itu, walaupun anda belum mendapatkan keuntungan dari bisnis yang anda jalankan anda masih memiliki penghasilan dari pekerjaan tetap anda. Jika anda membuka rumah makan anda harus berhenti dari pekerjaan tetap anda dan bekerja secara penuh waktu untuk memulainya. Bahkan anda bisa melakukannya sambil makan malam bersama istri atau pacar di café/resto yang menyediakan sambungan internet

0 komentar:

Posting Komentar